Tour De Kotabaru Ke Depan Harus Bisa Menambah Kunjungan Wisatawan dan Pendapatan Masyarakat Kota Yogyakarta


Tour De Kotabaru yang menjadi program Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan telah dua kali dilaksanakan, di tahun 2023 ini merupakan pelaksanaan kedua dan telah terlaksana pada tanggal 11-12 Februari 2023.

Menurut Ibu Lies Piliang sebagai Kepala Bidang Pariwisata dalam sambutannya menyampaikan bahwa agenda tour de kotabaru merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk memperpanjang masa peak sesion wisatawan mengingat biasanya di Bulan Februari sepi wisatawan setelah puncak di bulan desember dan januari. Sedangkan Kadri Renggono selaku asekda mewakili PJ Walikota membacakan sambutan yang pada intinya adalah bahwa kawasan Kotabaru sebagai kawasan indishe harus bisa menjadi destinasi wisata baru.

Antonius Fokki Ardiyanto S.IP selaku anggota DPRD Kota Yogyakarta Komisi B dan juga selaku dewan dari wilayah yang bersangkutan menyampaikan bahwa keterlibatan masyarakat lokal dalam agenda agenda tour de kotabaru harus ditingkatkan dan dimaksimalkan sehingga masyarakat setempat ikut merasa memiliki agenda tersebut. Pemerintah Kota juga harus melihat dari sisi sosiologis dari masyarakat Kotabaru dimana ada dua struktur masyarakat disana yaitu masyarakat loji dan masyarakat marhaen, oleh karena itu harus ada pendekatan yang tepat untuk pelibatan masyarakat. Pelibatan masyarakat selain untuk dapat secara handarbeni memiliki event tersebut juga dalam rangka peningkatan pendapatan rakyat setempat.

Tour De Kotabaru denganĀ  agenda andalannya yaitu Nigt Runt Fund yaitu lari di malam hari diharapkan bisa menjadi agenda rutin atlet lari dan masyarakat pecinta lari yang harus bisa dikerjasamakan dengan PASI Persatuan Atlet Seluruh Indonesia sehingga gaungnya bisa menasional bahkan internasional dan diikuti oleh ribuan peserta. Kemarin agenda lari malam hari menyusuri kawasan kawasan Kotabaru diikuti oleh 300 orang dan sudah diikuti peserta dari Cirebon dan Jakarta.

Antonius Fokki Ardiyanto S.IP
Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta