Fasilitasi Operasi Tangkap Tawon (OTT) Di Rumah Warga Tegalpanggung Kemantren Danurejan

  

Pada tanggal 1 Januari 2023, selaku anggota DPRD Kota Yogyakarta daerah pemilihan Kemantren Danurejan, Antonius Fokki Ardiyanto SIP, mendapat keluhan dari salah satu warga kalurahan Tegalpanggung untuk bisa mengatasi sarang tawon yang berada di rumahnya.  Dan untuk menjalankan fungsi representatifnya maka Fokki panggilan akrabnya segera melakukan koordinasi dan konsolidasi. 

Setelah berkoordinasi dan berkonsolidasi  dengan jejaring yang ada dalam hal ini Slamet Santoso selaku Ketua Redkar (Relawan Kebakaran) Kalurahan Demangan maka dilakukanlah koordinasi dan konsolidasi dengan Redkar Kalurahan Tegalpanggung dimana menjadi lokasi rumah yang menjadi sarang tawon tersebut, serta melaporkannya kepada instansi Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta. 

Setelah dilakukan survey maka setelah magrib dilakukanlah OTT (Operasi Tangkap Tawon) yang dilakukan oleh 3 petugas pemadam kebakaran, 6 anggota Redkar Kalurahan Tegalpanggung, 2 anggota Redkar Kalurahan Demangan, 2 anggota Kampung Tangguh Bencana Sapen dan 2 anggota Satlinmas Kalurahan Tegalpanggung. 

Dalam OTT yang berhasil mengamankan sekarung sarang tawon dan tawonnya, telah menimbulkan korban 1 orang dari petugas Damkar Kota Yogyakarta tersengat lebah di tangannya hingga lemas dan dilarikan ke rumah sakit Bethesda Lempuyangwangi dan setelah diberi perawatan sudah dapat baik kembali kondisinya. 

Dari pengalaman tersebut, Fokki menghimbau kepada warga masyarakat bahwa bila menghadapi kasus serupa untuk segera menghubungi pengurus Relawan Kebakaran Redkar di masing masing wilayah dimana Redkar ini sudah dibentuk di masing masing kalurahan dan pengurus Kampung Tangguh Bencana yang juga sudah dibentuk di masing masing kampung. Dan nanti pengurus di wilayah pasti akan berkoordinasi dengan petugas pemadam kebakaran Damkar yang ada di Kota Yogyakarta. 

Antonius Fokki Ardiyanto S.IP
Anggota DPRD Kota Yogyakarta Fraksi PDI Perjuangan Dapel Gondokusuman dan Danurejan