Dukungan Pemerintah Penting dalam Pengelolaan Sampah: Kota Yogyakarta Belajar dari Kota Batu

Yogyakarta, 7 Maret 2023 - Pemerintah Kota Batu di Jawa Timur mendapatkan penghargaan Adipura pada tahun lalu berkat pengelolaan sampah yang baik. Konsistensi dalam mendampingi masyarakat menjadi kunci suksesnya program pengelolaan sampah tersebut. Hal ini menjadi pelajaran bagi Kota Yogyakarta dalam menekan volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Ketua DPRD Kota Yogyakarta H. Danang Rudiyatmoko menyatakan bahwa dukungan dari pemerintah sangatlah penting dalam upaya pengelolaan sampah. Meskipun masyarakat harus berperan aktif dalam menjaga lingkungan, namun kemandirian masyarakat saja tidak cukup. Dukungan dari pemerintah akan mampu memacu keberhasilan pengelolaan sampah sejak dari level masyarakat.

"Baik kota Yogya maupun Kota Batu ini sama-sama tengah berupaya menekan volume sampah yang dibuang ke TPA. Kita bisa saling belajar. Model seperti apa yang bisa diterapkan di Yogya, sehingga kami pun bisa memberikan masukan ke pemerintah," ujar Danang Rudiyatmoko dalam kunjungannya ke Bank Sampah Induk Kota Batu.

Kota Yogyakarta dan Kota Batu sama-sama berupaya untuk menekan volume sampah yang dibuang ke TPA. Dengan saling belajar dan berbagi pengalaman, keduanya diharapkan dapat menciptakan model pengelolaan sampah yang lebih baik. Selain itu, dukungan dari pemerintah menjadi faktor penting dalam keberhasilan program pengelolaan sampah di kedua kota tersebut.

Pemerintah Kota Yogyakarta diharapkan dapat mengambil pelajaran dari program pengelolaan sampah yang sukses di Kota Batu. Konsistensi dalam mendampingi masyarakat menjadi kunci suksesnya program pengelolaan sampah di sana. Dengan adanya dukungan dari pemerintah, pengelolaan sampah di Kota Yogyakarta juga diharapkan dapat berhasil dan memberikan dampak positif bagi lingkungan.